Rengginang Aneka Rasa Dua Putra Gangsar Desa Jembangan Kecamatan Batangan

Kecamatan Batangan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pati yang terletak di pantai utara Jawa. Kecamatan ini dilewati jalur utama jalan pantura Jawa. Jalan Pantura ini membagi 2 wilayah kecamatan Batangan menjadi wilayah utara dan selatan.
Wilayah utara lebih dominan hasil perikanan tambak, laut dan produk-produk olahannya serta turunannya seperti udang tambak, bandeng, ikan laut, rajungan, garam, terasi, kerupuk ikan dan batik asem mujil (batik pesisir). Sementara bagian selatan dominan dengan hasil pertanian seperti padi, melon dan berbagai macam sayuran termasuk bawang merah.
Dari berbagai macam potensi alam di atas, Bapak Hartono dari Desa Jembangan berhasil memadukan kedua potensi tersebut dengan menciptakan Produk Makanan berupa “Rengginang Teri”.
Rengginang teri berbahan utama beras ketan, teri, dan garam. Beras ketan banyak dihasilkan dari wilayah selatan Batangan, sedangkan hasil perikanan dan garam banyak dihasilkan dari bagian utara Batangan. Ia berhasil mengoptimalkan hasil kedua wilayah dengan memberi nilai jual lebih tinggi. Harga jual rengginang teri lebih mahal dibanding harga jual rengginang biasa, juga lebih gurih dan renyah.
Selain memproduksi rengginang rasa teri, Dua Putra Gangsar juga memproduksi rengginang rasa rajungan, udang, cumi, terasi yang kesemuanya memanfaatkan berlimpahnya hasil produksi perikanan di kecamatan Batangan.
Pak Hartono dibawah bendera UD Putra Gangsar memproduksi rengginang di RT 6 RW 1 Desa jembangan. Setiap hari ia bisa memproduksi 5 sd 6 kg rengginang sehingga bisa menghasilkan sekitar 150 kg tiap bulan. Dengan harga sekitar 12 ribu per 250 gram, maka ia punya omset per bulan sekitar 7 juta.
Pemasaran yang ia lakukan sudah ke supermarket dan toko oleh-oleh di sekitar Batangan dan sampai Kota Pati.


Penulis: PDP Batangan M. Agus Prijadi.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan